close
menulis surat untuk diri sendiri

Pernah berpikir untuk menulis surat kepada diri sendiri? Mungkin Anda memang harus mencobanya. Tak peduli berapapun usia Anda, menulis surat untuk diri sendiri akan memberi manfaat yang tak terduga. Tulislah sekarang dan buka, mungkin 5 tahun lagi, misalnya. Dan 5 alasan berikut ini pasti akan membuat Anda yakin untuk menulis surat untuk diri sendiri.

1. Menumbuhkan rasa syukur

Berlatih bersyukur akan membantu Anda menyembuhkan stres dan salah satu cara untuk menumbuhkan hal tersebut adalah menulis surat untuk diri sendiri. Isi surat Anda dengan penghargaan dan afirmasi positif terhadap diri Anda yang sekarang. Ketika nanti Anda membukanya, diri Anda di masa depan akan sangat berterima kasih kepada Anda.

2. Meningkatkan kesadaran diri

Apakah Anda pernah melihat posting Facebook Anda di masa lalu? Rasanya pasti sakit, seperti mendengarkan rekaman suara Anda sendiri. Hal ini tidak menyenangkan tapi menyehatkan jiwa karena melatih Anda untuk berani menghadapi kekurangan Anda sendiri. Nantinya, ketika Anda membuka surat Anda di masa depan, Anda akan sadar betapa Anda telah banyak berubah. Anda tetaplah orang yang sama, tetapi telah bertumbuh dan berkembang.

3. Menciptakan masa depan Anda

Lima tahun lagi, Anda ingin menjadi seperti apa? Duduklah dan tulislah surat kepada diri sendiri yang isinya menceritakan semua yang Anda rasakan sekarang: entah itu pekerjaan yang membosankan atau kisah cinta yang tak mulus. Lalu, biarkan pikiran Anda meliar. Tulislah tentang apa yang ingin Anda capai, mimpi dna cita-cita, serta ambisi Anda. Ciptakanlah masa depan Anda melalui surat itu.

4. Menghargai berlalunya waktu

Suatu hari, hidup Anda akan berakhir. Itu adalah suratan takdir. Alih-alih mengkhawatirkan hari demi hari, cobalah memikirkan apa yang telah Anda lalui selama tahunan dan bahkan puluhan tahun. Tulislah surat kepada diri sendiri mengenai apa yang telah Anda kerjakan selama 10 tahun ini dan apa yang Anda akan lalukan selama 10 tahun ke depan. Dan pikiran akan kematian tentu akan semakin memotivasi Anda untuk melakukan yang terbaik dengan sisa umur Anda.

5. Memberi Anda kenangan

Jika Anda memulai pada sebuah perjalanan baru, tidak ada cara yang lebih baik untuk memperingati daripada dengan menulis surat untuk diri sendiri, entah itu masuk kuliah, lulus, menikah, melahirkan, dll. Bahkan Anda bisa membuat suatu tradisi untuk menulis surat kepada diri sendiri setiap tahunnya. Dengan demikian, Anda akan memiliki kenangan tentang tahun-tahun yang berlalu dan Anda juga akan lebih menghargai setiap jengkalnya.

 

Sumber: www.pickthebrain.com

Tags : komunikasi