close
jahat dalam bisnis

Beberapa orang melihat bahwa dalam bisnis, hanya yang kuat yang bisa bertahan. Akibatnya, mereka mengandalkan segala cara dan menjadi jahat. Padahal, itu tidak benar. Kebaikan bukanlah kelemahan. Bahkan, kebaikan adalah salah satu kekuatan terbesar yang dimiliki setiap individu. Kebaikan membuat hati dan pikiran lebih terbuka.

Berikut ini adalah 5 alasan mengapa Anda tak boleh menjadi jahat saat berbisnis.

1. Karma itu ada

Apa yang Anda lakukan akan berbalik pada Anda. Mereka yang jahat pada orang lain akan mendapatkan balasan. Karyawan, vendor, mitra, atau investor pasti tak akan suka jika diperlakukan tidak baik. Kata-kata dan tindakan Anda bisa berdampak besar pada orang lain, dan komentar kecil Anda bisa berakibat fatal. Jika Anda tak memiliki teman dalam suatu bisnis, tentu akan sulit bagi Anda untuk mencari nasihat, informasi, dan bantuan.

2. Kepemimpinan yang jahat akan melahirkan tim yang jahat

Tidak ada yang ingin bekerja dengan bos yang jahat. Jika Anda jahat kepada karyawan, nanti akan tercipta lingkungan kerja yang jahat, dimana mereka yang jahat akan sukses dan yang baik akan keluar dari perusahaan Anda. Mereka yang keluar akan membicarakan keburukan perusahaan pada pihak lain dan imej perusahaan akan rusak, sehingga perusahaan akan dijauhi oleh calon karyawan yang potensial. Memperlakukan karyawan dengan baik akan membangun suasana kerja yang membuat siapapun betah.

3. Jahat di tempat kerja berarti jahat dalam kehidupan

Energi negatif tidak hanya tertampung pada salah satu sisi kehidupan Anda saja. Ketidakramahan Anda saat di kantor akan terbawa saat Anda bersama dengan keluarga dan teman. Setelah itu, kebiasaan itu akan mempengaruhi semua aspek kehidupan Anda. Mereka yang jahat dalam bisnis biasanya akan menjadi jahat dalam segala hal yang mereka lakukan. Dengan menjadi baik, Anda bisa menghilangkan energi negatif ini dan membuat situasi menjadi lebih baik.

4. Menjadi jahat itu salah

Semua orang memiliki panduan mengenai moral dan jauh di dalam hati, Anda pasti merasa bahwa menjadi jahat sangat tidak menyenangkan. Anda tidak merasa nyaman, dan efek negatif itu akan menghancurkan orang-orang jahat. Mereka akan menciptakan ketidakharmonisan dalam hidup mereka.

5. Efek negatif membatasi pertumbuhan

Inovasi berasal dari pikiran terbuka dan sikap positif, bukan dari kata-kata kasar. Para profesional pasti akan ragu untuk membagi ide mereka, jika bekerja di suatu industri dengan lingkungan yang jahat. Padahal, masukan dan kolaborasi sangat penting untuk membangun bisnis yang sukses, dan tanpa mereka, pertumbuhan perusahaan akan terkekang.

 

Sumber: www.entrepreneur.com

Tags : bisnisstrategi bisnis