close
alasan gagal sebagai pengusaha

Kewirausahaan memang sulit. Dan banyak yang tidak bisa sukses ketika menjalaninya. Sebagian sukses, sebagian mengalami kegagalan. Lantas, mengapa ada yang bisa gagal sementara lainnya sukses? Berikut ini adalah 5 alasan Anda mungkin gagal sebagai pengusaha.

1. Anda takut

Ketakutan adalah sifat yang rumit. Kemungkinannya adalah Anda memiliki ketakutan yang tak Anda sadari akan menghambat Anda. Entah itu masalah marketing atau promosi produk Anda ke orang banyak hingga mempresentasikan ide Anda ke hadapan investor, ketakutan bisa menghentikan langkah Anda. Seringkali, ketakutan yang tak kita sadari muncul dalam bentuk lain, antara lain ketidakpedulian, kebingungan, keraguan, kekhawatiran, hati-hati yang terlalu berlebihan, penundaan pekerjaan, penundaan, kurangnya ambisi, iri hati dan masih banyak lagi.

Beberapa orang lainnya takut akan kebenaran karena mereka tidak mau mengakui kekurangan mereka sendiri, dan mereka takut merasa malu. Lainnya mungkin takut sukses, karena mereka tidak merasa bahwa mereka layak mendapatkannya. Ada yang takut gagal, dan tidak pernah mencoba sesuatu sehingga mereka dapat menghindari kegagalan.

2. Anda tidak tahu bagaimana caranya mendelegasikan pada orang lain

Pengusaha kecil cenderung melakukan semuanya sendiri. Padahal, hal inilah yang menghambat mereka untuk sukses. Keengganan mereka untuk mendapatkan bantuan mencegah mereka membawa bisnis mereka ke tingkat berikutnya.

Jika Anda dapat belajar untuk melepaskan, delegasi, membangun tim dari orang-orang berbakat dan menyerahkan kepemilikan uang untuk hal tertentu, itu akan sangat menguntungkan Anda dalam jangka panjang.

3. Anda tidak memiliki ketekunan

Kemunduran, kegagalan sementara, ketidakpastian dan bisnis bahkan kebangkrutan bisa merupakan bagian dari menjadi entrepreneur. Yang bisa melawan dan berjuang adalah yang akan bertahan. Kadang-kadang dibutuhkan upaya abadi atau penolakan berulang untuk sampai ke tempat Anda inginkan. Tapi, seberapa mampu diri Anda menghadapi penolakan? 25? 100? Mereka yang mampu terus menjaga ketekunannya adalah yang akan berhasil.

4. Anda tidak pernah berinvestasi pada diri Anda

Banyak orang yang hanya fokus pada investasi uang. Padahal, investasi pada diri sendiri juga sangat penting, misalnya dengan belajar, menguasai alat-alat tertentu, dll. Sama seperti investasi dalam bisnis, investasi pada diri sendiri dapat memberi dividen yang besar nantinya. Jika Anda mengakhiri pendidikan Anda dengan sekolah formal, Anda telah merugikan diri Anda sendiri. Anda harusnya melanjutkan pendidikan dengan mengambil training, les, pelatihan, kursus, dll.

5. Anda menyelesaikan banyak hal, tapi bukan hal yang benar

Banyak dari kita merasa seperti kita terlalu sibuk untuk makan dan memikirkan masa depan. Tapi apakah kita semua benar-benar sibuk—atau kita hanya mengisi jadwal dengan banyak sekali hal dan tidak bisa mengatakan tidak untuk hal yang tidak penting dan membiarkan hidup kita didikte oleh agenda orang lain? Hal yang tunda seringkali adalah hal yang penting untuk Anda.

 

Sumber: www.entrepreneur.com

Tags : kegagalankepemimpinan