close
pertolongan pertama untuk gadget

Gadget merupakan peralatan yang harus selalu dibawa ketika traveling. Anda pun akhirnya akan selalu berusaha untuk menjaga agar peralatan traveling yang penting tersebut bisa tetap dalam performa maksimal. Namun, kadang beberapa kondisi bisa mengganggu performa gadget Anda. Namun, beberapa perlengkapan ini bisa menjadi pertolongan pertama untuk gadget Anda saat traveling.

1. Kabel yang putus

Ah, siapa yang tak sebal ketika kabel charger putus saat Anda sedang traveling? Kabel ini bisa meliputi kabel laptop, charger smartphone, ataupun kabel data. Untuk keperluan umum, Anda diwajibkan membawa isolasi atau lakban. Nah, isolasi atau lakban tersebut bisa digunakan sebagai pertolongan sementara untuk kabel Anda. Memang tak akan bertahan lama tapi paling tidak kabel akan aman dan masih bisa digunakan selama traveling.

2. Layar yang kotor

Layar laptop ataupun smartphone menjadi tempat favorit untuk bersarangnya bekas jari. Tangan yang berdebu atau berminyak akan membuat layar menjadi buram. Makanan dan kotoran lainnya juga bisa membuat layar Anda menjadi kotor. Untuk membersihkannya, jangan sekali-kali gunakan kaos atau kain apapun yang Anda temukan tergeletak di sekitar Anda. Dikhawatirkan, bahan tersebut akan menggores layar Anda. Anda bisa jaga-jaga dengan membawa kain khusus bebas serat (biasanya untuk membersihkan kacamata).

3. Handphone tercebur ke air

Jika handphone tercebur ke laut, kemungkinan matinya sangat besar. Tapi jika tercemplung ke tempat yang tidak terlalu dalam, gadget Anda masih bisa diselamatkan. Begitu handphone Anda tercemplung, matikan handphone Anda dan lepaskan sim card-nya. Keringkan air yang ada di setiap permukaan. Lalu masukkan handphone, baterai dan sim card ke dalam plastik bersamaan dengan desiccant (obat pengering yang sering dimasukkan dalam kotak sepatu). Diamkan selama 48 jam (atau lebih lama lebih baik).

4. Ketumpahan

Nah, masalah ini sepertinya sangat umum terjadi. Mungkin makanan tumpah di laptop ketika Anda sedang di pesawat atau air minum menetes ke atas handphone. Tisu basah sangatlah tepat untuk situasi ini karena tingkat kebasahannya tidak terlalu tinggi sehingga bisa membersihkan tanpa menyebabkan kerusakan lebih jauh pada gadget Anda.

 

Sumber: traveltech.about.com

Tags : gadgetpanduan wisataperalatan traveling