close
menemukan karir yang anda cintai

Banyak orang merasa belum menemukan karir yang mereka dambakan. Mereka tak tahu karir apa yang mereka inginkan, tapi yang jelas bukan yang sekarang ini mereka jalani. Lantas, apa yang harus dilakukan?

Berikut ini adalah 4 cara untuk menemukan karir yang Anda cintai.

1. Ketika Anda tahu suatu pekerjaan tak akan bekerja dengan baik, segera keluarlah

Banyak orang membenci pekerjaan mereka dan tahu bahwa mereka ingin melakukan sesuatu yang berbeda, tapi mereka tetap bertahan pada pekerjaan yang mereka benci itu untuk waktu yang lama. Alasan utama mereka tetap bertahan adalah karena mereka belum yakin mengenai apa yang benar-benar ingin mereka lakukan. Pemikiran seperti ini sangat tidak baik karena Anda tidak akan belajar atau menemukan karir atau pekerjaan yang ideal dengan duduk saja atau dengan memikirkan hal itu saja. Jika situasi saat ini tidak bekerja dengan baik, Anda harus segera keluar dan menemukan sesuatu yang lain.

2. Ikuti rasa penasaran Anda

Meskipun Anda mungkin tidak memiliki visi yang jelas untuk karir Anda, Anda mungkin ingin tahu tentang hal-hal yang mungkin atau mungkin tidak jelas bagi Anda. Sangat penting untuk mengikuti rasa ingin tahu dan mengungkap minat Anda yang masih kurang jelas. Hal ini penting karena minat-minat tersebut akan membawa Anda pada motivasi yang memisahkan Anda dari orang lain. Seringkali, cara ini tidak akan tampak pragmatis, bahkan mungkin terkesan sembrono.

3. Jangan jadikan uang sebagai pertimbangan utama

Jika Anda ingin menghabiskan hidup Anda melakukan sesuatu yang Anda cintai, cara terbaik untuk memulainya adalah menempatkan uang sebagai hal kedua dalam hidup Anda. Jika kepraktisan dari apa yang Anda lakukan dan berapa banyak uang yang anda peroleh adalah kriteria utama Anda, Anda akan membatasi pilihan Anda pada hal yang mudah tertebak dan menemukan apa yang Anda cintai bisa menjadi sulit. Di sisi lain, jika Anda membiarkan diri Anda untuk mengejar rasa ingin tahu Anda, Anda akan menemukan kekuatan Anda, dan pada akhirnya akan bisa menghasilkan uang.

Menghubungkan minat dan motivasi Anda, dan menjadi diri sendiri, akan memberi Anda kekuatan dalam bidang yang tak dikuasai orang lain. Bagi orang lain, apa yang Anda pilih untuk lakukan mungkin terlihat seperti tugas yang berat, tapi bagi Anda hal itu tak akan terasa seperti pekerjaan sama sekali. Dan semakin tinggi Anda mengekspresikan diri melalui pekerjaan Anda, semakin tinggi potensi penghasilan Anda nantinya.

4. Jangan mengatur batasan buatan untuk diri Anda sendiri

Banyak orang menentukan batasan yang mereka buat sendiri untuk diri mereka sendiri. Ini mungkin adalah cara untuk menghindarkan diri dari tanggung jawab. Tapi hal ini juga akan menjauhkan Anda dari pertumbuhan diri. Jika Anda melakukannya karena pilihan, mungkin masih bisa dipahami. Di sisi lain, jika Anda ingin pertumbuhan yang lebih, maka jangan bersembunyi di balik keyakinan bahwa orang lain perlu memberdayakan Anda untuk melakukan apa yang ingin Anda lakukan.

 

Sumber: www.forbes.com

Tags : karirperencanaan