close
cara berhemat yang sering dilupakan

Di dunia ini pasti banyak orang yang tidak ingin membuang-buang uang. Dan pastinya banyak yang ingin menghemat uang. Tapi, nyatanya tidak seperti itu kenyataannya. Masalahnya adalah, menghemat uang membutuhkan kerja keras. Namun, mungkin ada beberapa cara yang selama ini Anda abaikan.

Jika Anda mencoba untuk memangkas anggaran bulanan Anda, artikel ini akan membantu dengan memberikan beberapa cara mudah menghemat uang tapi yang seringkali Anda lupakan.

1. Membeli baju saat diskon

Salah satu cara menghemat pengeluaran untuk baju adalah membeli saat ada diskon. Yang pertama harus Anda lakukan adalah mengesampingkan merek atau brand karena baju bermerek biasanya tak lebih bagus dari yang tak bermerek. Berikutnya, sortir pakaian Anda dan lihat pakaian seperti apa yang sering Anda pakai secara teratur dan mana yang lama sekali tergantung di lemari. Pakaian yang tak pernah terpakai ini sama saja dengan membuang uang. Jadi, fokuslah pada jenis-jenis pakaian yang banyak gunanya dan akan sering dipakai dalam berbagai situasi.

Sekarang, rencanakan untuk ke depannya. Anda harus tahu diskon-diskon di toko-toko biasanya akan ada pada bulan apa saja. Dengan berbelanja di waktu yang tepat, Anda bisa mendapatkan banyak sekali penghematan. Jika ingin pakaian yang up-to-date, Anda bisa berbelanja di website yang menawarkan baju tanpa merek dengan harga terjangkau.

2. Beli barang yang tak mudah rusak dalam jumlah besar

Banyak barang yang harganya jauh lebih murah jika dibeli dalam jumlah besar. Tapi, hindari membeli barang yang mudah hancur, seperti makanan atau minyak. Benda seperti DVD kosong jika dibeli dalam jumlah besar, ada risiko terkena debu yang akan mempengaruhi kualitasnya.

Lalu bagaimana cara memastikan Anda belanja dengan tepat? Pertama sediakan ruang di rumah Anda untuk barang-barang yang akan Anda beli dalam jumlah besar. Akan lebih sulit jika Anda tinggal apartemen kecil atau rumah tanpa tempat penyimpanan. Anda mungkin harus mengatur ulang lemari Anda atau membeli kabinet terpisah.

Barang-barang yang baiknya dibeli dalam jumlah banyak adalah barang-barang kertas, seperti tisu, tisu toilet, kertas printer dan kertas lainnya karena mereka mudah disimpan dan tidak gampang rusak. Anda juga bisa menyetok perkakas kebersihan, sabun, sampo, dan sabun cuci.

3. Jangan sering-sering minum kopi di café

Harga kopi di café bisa beda jauh dengan harga kopi rumahan, bahkan ketika kita membeli kopi dengan kualitas yang bagus sekalipun. Harga kopi di café rata-rata di bawah Rp 50.000 dan jika Anda sering ngafe, berapa banyak uang yang Anda habiskan?

Alternatifnya, Anda bisa membeli kopi dengan kualiats bagus dan membuat minuman kopi sendiri di rumah. Jika Anda kebetulan juga menikmati kopi yang lebih murah, Anda bisa menghemat lebih banyak uang lagi. Selain bisa lebih hemat, membuat kopi sendiri bisa memberi Anda kesempatan untuk membuat kopi dengan cara yang Anda sukai. Anda juga bisa mencoba-coba kopi dari varietas yang berbeda.

4. Naik sepeda

Jika Anda dapat mengandalkan sepeda untuk sebagian besar perjalanan harian Anda, Anda akan menghemat uang dalam jumlah yang besar. Anda dapat memotong biaya asuransi mobil dan perbaikan mobil, serta harga mobil itu sendiri. Anda bisa menggunakan mobil atau motor untuk saat-saat tertentu saja.

 

Sumber: money.howstuffworks.com

Tags : hidup hemat