close
berhemat menghadapi kehamilan

Apakah Anda atau pasangan Anda sekarang tengah hamil? Dalam benak Anda tentu terbayang biaya-biaya akan membengkak. Memang kemungkinan besar biaya bertambah, tapi jika Anda cerdas, masih ada kok yang bisa dihemat. Berikut ini adalah 4 cara menghemat pengeluaran saat kehamilan.

1. Jangan membeli baju hamil

Jangan membeli baju hamil, kira-kira sampai Anda benar-benar membutuhkannya. Anda perlu tahu bahwa harga baju-baju hamil bisa dua kali lipat harga baju wanita biasa. Untuk menghindarkan pengeluaran ini, Anda masih bisa mengenakan baju Anda sehari-hari atau baju biasa dengan satu atau dua ukuran di atas ukuran biasanya. Pilih baju yang longgar dan bisa melar seperti gaun atau blus. Gunakan gelang karet untuk mengekang kancing yang mau lepas. Kebanyakan wanita hamil juga masih bisa menggunakan celana sehari-hari bahkan ketika hamil dengan bantuan gelang karet.

Mungkin Anda berpikir bahwa jika Anda memberi baju hamil lebih awal, akan Anda waktu lebih banyak untuk ‘memelarkan’ baju tersebut. Namun, jika Anda membeli terlalu awal, nantinya mungkin Anda harus membeli lagi ketika usia kandungan lebih besar.

Dan jika Anda tidak terburu-buru membeli baju hamil, Anda masih punya kesempatan mencaru atau bertanya sana sini untuk menemukan baju hamil dengan harga yang terjangkau. Anda mungkin bisa dapat lusuran baju hamil dari kenalan Anda yang pernah hamil sebelumnya.

2. Jangan lupa perawatan gigi

Jika Anda menabung untuk persiapan bayi yang akan lahir dan hari yang Anda tinggalkan untuk cuti, Anda bisa lupa memeriksakan gigi Anda. Padahal wanita membutuhkan perawatan gigi selama kehamilan lebih dari sebelumnya karena perubahan hormon dapat memperburuk kondisi kesehatan mulut tertentu, seperti radang gusi, dan menyebabkan penyakit gusi yang lebih serius. Infeksi di ibu, termasuk di dalam mulut, bisa menimbulkan risiko potensial bagi bayi, dan mengabaikan masalah gigi sekarang bisa menyebabkan biaya yang lebih besar nantinya. Anda mungkin perlu memeriksan gigi yang berlubang atau butuh pembersihan karang gigi.

3. Jangan membeli perkakas kamar anak

Mendekorasi kamar bayi adalah kegiatan yang menarik bagi orangtua baru. Tapi jangan tergoda dengan ide-ide lucu dan unik di Pinterest. Menghabiskan uang untuk barang-barang di kamar Anda harusnya dihindari. Kebanyakan bayi yang baru lahir biasanya akan tidur di kamar orang tuanya pada awalnya.

Ketika memilih barang untuk kamar anak Anda, pertimbangkan ide-ide kreatif agar bisa tetap murah. Anda juga bisa mempertimbangkan membeli barang seken. Dan sekali lagi, barang lusuran pun biasanya akan berdatangan.

4. Hati-hati dengan vitamin prenatal

Walaupun beberapa dokter menulis resep untuk vitamin prenatal, beberapa wanita lebih memilih untuk membeli vitamin tanpa resep. Jika demikian, pertimbangkan untuk membeli merek-merek generik. Jika Anda memiliki asuransi, pastikan Anda membeli vitamin yang akan tertutupi oleh asuransi Anda.

Ingat, salah satu hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk bayi Anda selama kehamilan adalah makan makanan yang sehat dan mendapatkan perawatan prenatal.

 

Sumber: www.wisebread.com

Tags : hidup hematkehamilankehamilan & persalinan