close
kesehatan mata

Mata adalah salah satu organ tubuh terpenting dan oleh sebab itu kita harus selalu menjaga kesehatannya. Namun, di dunia yang serba sibuk, Anda mungkin hampir tak punya wkatu untuk merawat mata Anda. Tapi apakah Anda tahu bahwa Anda dapat meningkatkan penglihatan Anda tanpa kontak atau kacamata?

Berikut ini adalah cara untuk memperbaiki penglihatan mata secara alami dan cepat.

1. Makan makanan yang sehat

Mungkin Anda sudah mendengar hal ini ribuan kali tapi mungkin Anda tidak menerapkannya. Padahal, makanan yang sehat penting untuk kesehatan mata. Salah satu cara mengatasi penglihatan yang kabur dan meningkatkan kesehatan mata adalah makan buah-buahan dan sayuran, khususnya yang mengandung vitamin A, C, dan E. Anti-oksidan (dari wortel, misalnya) juga sangat baik untuk kesehatan mata.

2. Istirahat yang cukup

Salah satu cara meningkatkan kesehatan mata adalah dengan tidur yang cukup dan istirahat yang cukup selama bekerja. Anda memang tidak perlu tidur di tempat kerja, tapi sangat disarankan untuk mengistirahatkan mata Anda. Jika Anda bekerja di depan komputer sepanjang hari, mata Anda mengalami banyak tekanan.

Anda bisa mengistirahatkan diri dengan istirahat 10 menit setiap 50 menit di depan layar. Tutup mata Anda selama satu menit atau berdiri dan berjalan di sekitar kantor. Fokus pada sesuatu yang bukan layar.

Anda juga dapat mengistirahatkan mata Anda dengan mengikuti aturan 10-10-10, yaitu melihat sesuatu sejauh 10 kaki (3 meter) selama 10 detik setiap 10 menit yang Anda habiskan di depan komputer.

3. Lakukan olahraga mata

Salah satu tips meningkatkan kesehatan mata yang tercepat adalah dengan melakukan latihan mata setiap hari. Latihan mata dimaksudkan untuk memperkuat mata dan memperbaiki penglihatan. Latihan mata bahkan bisa menghindarkan Anda dari keharusan memakai kacamata atau lensa kontak. Lakukan latihan mata ini secara rutin setiap harinya untuk hasil optimal.

Pertama, berikan panas pada daerah mata Anda dengan menggosok telapak tangan Anda bersama-sama dan kemudian meletakkannya di atas mata Anda selama 10 detik, kemudian ulangi. Hal ini adalah persiapan sebelum melakukan latihan mata.

Mulai latihan mata dengan memutar mata Anda. Tanpa menyiksa mata Anda, cobalah untuk melihat sejauh yang Anda bisa. Kemudian lihatlah ke bawah. Ulangi ini 10 kali. Sekarang, lihat ke setiap sisi, ulangi 10 kali. Setelah itu, lihat pada setiap arah diagonal, 10 kali. Terakhir, putar mata Anda dalam gerakan berlawanan arah jarum jam sekitar 10 kali, kemudian balikkan gerakan dan putar searah jarum jam dengan jumlah yang sama.

Ambil pena dan genggam sepanjang lengan Anda, pastikan pena lurus dengan mata. Fokus pada ujung pena saat Anda menggerakkan pena lebih dekat ke mata Anda. Berhenti saat pena berada sekitar 15 cm dari wajah Anda, dan fokus pada ujung saat Anda menggerakkan pena menjauh seperti semula. Lakukan perlahan dan fokus. Ulang 10 kali.

Pijat mata Anda setelah berolahraga. Pertama, pijat pelipis dengan ujung jari Anda atau salah satu dari buku-buku jari Anda. Pijat dengan gerakan memutar searah jarum jam beberapa kali, dan kemudian beralih ke gerakan berlawanan arah jarum jam. Pijat di atas alis Anda dan di bawah mata Anda juga.

Ketika Anda selesai berolahraga dan memijat, kembali berikan panas pada daerah mata Anda dengan cara yang sama seperti sebelumnya. Jika mata Anda benar-benar lelah, tutup mata Anda dan beristirahatlah untuk beberapa saat.

 

Sumber: www.rebuildyourvision.com

Tags : mata