close
google drive

Setelah membaca beberapa trik Google Drive pada bagian I, kini Anda memperoleh beberapa tips Google Drive lainnya yang akan membuat Anda mendapatkan manfaat sebesar-besarnya dari Google Drive.

1. Mendengarkan file musik

Secara default, Anda hanya dapat men-download file musik dari situs Google Drive. Jika Anda ingin mendengarkan file-file tersebut, Anda dapat menginstal Drive Music ke browser web Google Chrome Anda. Setelah diinstal, setiap kali Anda klik pada file musik, Drive Music akan membuka di tab terpisah seperti halnya fungsi dasar pada pemutar musik.

2. Mengedit video

Dengan menginstal Pixorial Video ke Google Chrome, Anda dapat menonton video Anda di Google Drive melalui perpustakaan Pixorial Video. Dari sana, Anda dapat menggabungkan klip video yang berbeda, memotong video, dan menambahkan judul, musik dan transisi untuk membuat video secara dasar.

3. Membuat, mengedit, dan menyimpan Mind Maps

MindMeister adalah aplikasi Google Chrome yang memungkinkan Anda membuat peta pikiran (mind maps) pada browser web Anda. Anda kemudian dapat menyimpannya di Google Drive Anda, yang memungkinkan Anda untuk melihat dan mengedit kapan pun Anda suka.

4. Menambahkan Google Drive ke menu ‘Send To’ Windows

Mungkin Anda akan merasa sebal jika harus membuka Google Drive terlebih dahulu ketika Anda ingin menambahkan item di dalamnya. Jika Anda ingin mempersingkat langkah ini, Anda cukup mendownload dan menginstal Google Drive ke desktop PC Anda.

Jika sudah diinstal, arahkan ke Users > [namapenggunaAnda] > AppData > Roaming > Microsoft > Windows > SendTo.

Sekarang, Anda bisa menggunakan klik kanan pada mouse anda untuk menyeret Google Drive dari panel Favorites ke folder SendTo. Ketika Anda klik kanan, menu akan muncul. Klik pada Copy here.

Sekarang setiap kali Anda ingin memindahkan file dari desktop Anda langsung ke Google Drive, Anda bisa klik kanan pada file tersebut, pilih Send to kemudian pilih Google Drive.

5. Mem-pin Google Drive di File Explorer Jumplist

Mem-pin Google Drive di File Explorer Jumplist akan membuat akses semakin mudah. Untuk melakukan hal ini, yang harus Anda lakukan adalah menyeret folder Google Drive menuju ke ikon file explorer pada taskbar. Setelah Anda melakukan itu, Anda dapat dengan mudah melakukan navigasi ke Google Drive dengan mengklik kanan pada ikon file explorer dan memilih Google Drive.

6. Menggunakan Revision History untuk menghindari kesalahan

Jika Anda secara tidak sengaja menghapus file di Google Drive, Anda dapat mendapatkan file tersebut kembali dari Bin dalam waktu 30 hari sebelum file tersebut dihapus selamanya. Untuk file individual, Anda dapat melihat dan memilih untuk mengembalikan revisi yang telah dilakukan di masa lalu.

Yang harus Anda lakukan adalah membuka file dari situs Google Drive, dan tekan Ctrl + Alt + G di mana Anda dapat melihat panel di sebelah kanan layar Anda yang menunjukkan revisi yang telah Anda buat di masa lalu.

7. Menonaktifkan penghapusan otomatis pada file versions

Secara default, Google Drive memungkinkan Anda untuk mengembalikan 100 revisi file sebelumnya. Akan ada banyak sekali jumlah revisi, bahkan tak terbatas. Dan ini bisa menyita ruang penyimpanan Anda. Untuk menonaktifkan penghapusan otomatis, klik kanan pada file di situs Google Drive dan pilih Manage revisions.

8. Memasang aplikasi Google Drive untuk Google Chrome

Ada banyak aplikasi untuk Google Chrome yang bisa digunakan pada Google Drive. Anda bisa menelusuri koleksi aplikasi Google Drive untuk menemukan sesuatu yang mungkin bermanfaat bagi Anda.

 

Sumber: www.hongkiat.com

Tags : aplikasigooglegoogle driveinternetweb