close
12 Tips Agar Menyusui Menjadi Lebih Mudah (Bagian I)

Semua orang pasti bilang bahwa menyusui mempunyai banyak manfaat untuk bayi Anda. Kenyataanya, butuh proses yang sulit bagi seorang ibu untuk bisa menguasai cara menyusui yang tepat. Jika Anda merasakan kesulitan dalam menyusui, jangan menyerah! Setelah melalui beberapa kali proses, menyusui akan menjadi mudah. Berikut ini adalah tips agar Anda mudah menyusui.

 

1. Lakukan riset terlebih dahulu

Setelah melahirkan, seorang biasanya akan merasa kelelahan dan kesakitan. Dan tentunya tidak akan menyenangkan bagi Anda untuk mempelajari sesuatu yang baru. Jadi, sebaiknya Anda mempelajari cara merawat dan menyusui bayi jauh sebelum Anda melahirkan. Anda bisa berbicara dengan ibu dan beberapa teman yang sudah memiliki bayi mengenai pengalaman mereka menyusui.

 

2. Mulailah sedini mungkin

Anda bisa memulainya dengan memegang bayi Anda tepat setalah proses kelahiran. Anda bisa memeluk bayi Anda dan mencoba menyusuinya saat itu. Jam-jam pertama setelah dilahirkan, kemampuan indera bayi akan mulai menguat, seperti indera pendengaran, penglihatan, penciuman, dan perasa. Mereka secara neurologis terikat ke payudara Anda. Dan jika bayi tersebut diberi kesempatan untuk menempel di payudara Anda secara naluriah, mereka cenderung bisa menyusu dengan benar.

 

3. Sentuhkan kulit dengan kulit

Jika Anda dan bayi Anda bisa bersentuhan langsung, kulit dengan kulit, maka menyusui akan bisa jadi lebih mudah. Letakkan bayi Anda yang tak berbaju di dada Anda yang juga tak berbaju saat si kecil sedang rewel atau susah disusui. Jika Anda malu, Anda bisa menutupinya dengan selimut. Persentuhan ini akan membuat bayi tenang dan membantu memicu naluri menyusunya.

 

4. Pelajari tanda-tandanya

Anda harus mempelajari tanda-tanda saat bayi merasa lapar, antara lain bayi membuat gerakan mengunyah tangan, membuat gerakan dengan mulutnya, menoleh ke kiri-kanan, atau membawa tangannya kea rah wajah. Jika Anda merespon tanda tersebut, bayi akan belajar untuk terus memberikan tanda-tanda tersebut ketika dia lapar. Jika bayi sudah menangis, itu artinya dia tidak lagi lapar, tapi dia lapar dan marah, dan tentu akan lebih sulit bagi Anda untuk menyusuinya.

 

5. Lakukan beberapa trik ketika payudara membengkak

Di awal masa menyusui, tawarkan ke bayi Anda untuk menyusu setiap dua sampai tiga jam. Ketika payudara mulai terasa bengkak (besar, kaku, keras, dan hangat), janganlah panik. Itu artinya ASI Anda telah matang. Sebelum pembengkakan tersebut, yang diminum bayi Anda adalah kolostrum yang sangat pekat dan penuh gizi. Pembengkakan biasanya akan mereda setelah beberapa hari. Tapi pada saat payudara Anda mengeras, menyusui bisa jadi lebih menyulitkan. Jika mulut bayi sulit untuk menetek pada payudara Anda, Anda bisa memompa atau meremas sedikit payudara Anda agar lebih lembut untuk mulut si bayi.

 

6. Telepon dokter jika dibutuhkan

Normalnya, menyusui itu tidak sakit. Jadi, jika Anda merasakan sakit saat menyusui atau Anda tidak mengganti 6-12 popok dalam sehari, Anda perlu menelepon dokter atau penyedia layanan kesehatan lainnya. Penting bagi Anda untuk menangani masalah seperti ini sedini mungkin.

 

Sumber: www.thebump.com

Tags : bayimenyusui