close
fotografi iphone

Banyak orang memanfaatkan iPhone untuk mendapatkan hasil yang tak kalah bagus dari kamera profesional. Bahkan tak jarang, foto instagram yang meraih banyak follower, justru diambil dari iPhone dan hasilnya memang luar biasa keren. Ya, itu bisa terjadi asalkan Anda tahu caranya. Anda pun bisa jika mau memaksimalkan iPhone Anda untuk fotografi.

Berikut ini adalah beberapa trik fotografi dengan iPhone yang Anda mungkin belum tahu.

1. Tombol lain untuk memotret

Fitur ini termasuk fitur iPhone yang tak banyak diketahui orang. Anda bisa menggunakan tombol volume untuk mengambil gambar, hampir sama saja dengan menekan tombol shutter di kamera. Ini lebih mudah, khususnya untuk selfie, daripada menekan tombol di layar. Dan jika Anda punya earphone, tombol volume di earphone juga bisa dimanfaatkan jadi Anda bisa selfie tanpa tangan yang terlihat menjulur.

2. Shortcut camera

Pada lock screen, ada ikon mungil berbentuk kamera kecil di kanan bawah. Gesek ikon tersebut dan kamera akan terbuka.

3. Timer

Anda ingin selfie dengan cara lain? Gunakan timer. Cukup klik ikon jam kecil di bagian kanan atas dan atur waktu yang diinginkan. Dan yang perlu Anda lakukan adalah memegang telepon Anda, berpose, dan tunggu hingga tombol shutter berbunyi.

4. Mode burst

Jika Anda ingin mengambil serangkaian foto secara berurutan (ideal jika Anda berada di sebuah kegiatan yang menuntu kecepatan atau ketika Anda di kendaraan), Anda bisa menggunakan mode burst: tekan dan tahan tombol shutter dan foto yang banyak akan diambil sampai Anda melepaskannya.

5. Fokus

Untuk memastikan foto Anda tajam dan fokus, tekan bagian apa pun dari layar subjek utama Anda. Ini juga pas jika Anda ingin mengambil foto close-up yang dekat dengan kamera, dengan latar belakang kabur.

6. Eksposur

Ketika Anda menekan pada gambar untuk fokus, gambar matahari akan muncul di samping kotak. Anda dapat menggeser ke atas atau bawah untuk mengubah kecerahan gambar.

7. Auto HDR

HDR akan memberi Anda kualitas gambar yang lebih bagus. Cukup klik HDR kecil di bagian atas layar kamera. Kadang hasilnya seperti terlalu banyak saturasi dan tidak nyata, jadi hati-hati saat menggunakannya. Fitur ini ideal untuk gambar dengan banyak tingkat cahaya yang berbeda (matahari dan bayangan di musim panas, matahari terbenam, dll).

8. Grid

Buka settings dan gulir ke bawah ke menu Photos & Camera dan nyalakan ‘Grid’. Akan muncul garis-garis pada foto Anda. Dalam fotografi, ada teori bahwa gambar terlihat lebih baik (lebih berseni) ketika subjek Anda terletak sepertiga dari tampilan, entah di kiri atau kanan.

9. Hindari zoom

Fitur zoom tidak begitu bagus pada iPhone karena kualitas gambar akan sangat berkurang. Anda cukup memotret seperti biasa. Pada hasil foto, Anda baru bisa zoom lalu crop. Dengan cara ini kualitas gambar akan lebih bagus.

10. Berkreasi dengan panorama

Ada banyak cara untuk memanfaatkan fitur panorama, misalnya untuk menduplikasi foto seseorang dalam satu jepretan. Anda bisa mencari tutorialnya di youtube atau pinterets.

 

Sumber: www.cosmopolitan.co.uk

Tags : aplikasiiosiphonemobiletips fotografi