close
tips foto instagram

Anda suka traveling dan Anda punya Instagram? Sepertinya itu suatu kesatuan yang indah. Jika Anda mampu memanfaatkan traveling Anda sebaik mungkin, Anda akan bisa menciptakan foto Instagram yang luar biasa. Berikut ini adalah tips foto Instagram untuk Anda yang hobi traveling.

1. Ambil foto secara horizontal

Mengambil foto dengan posisi horizontal akan membuat Anda bisa mengambil object dengan pemandangan yang lebih luas. Nantinya, ketika akan upload, Anda tinggal crop saja sesuai ukuran Instagram. Kabar baiknya, di versi terbaru, Anda tak perlu lagi crop-crop foto. Tinggal upload saja sesuai foto asli. Asyik kan?

2. Jangan ragu untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga

Jika Anda tahu cara memproses atau mengedit foto, editlah. Hampir semua fotografer profesional mengedit foto yang bagus akan bisa menjadi luar biasa. Tapi ingat, jangan sampai editan membuat gambar terasa palsu dan membuat orang kecewa ketika mengunjungi tempat yang bersangkutan. Mencerahkan dan menambah saturasi mungkin oke lah.

3. Gunakan fokus

Kebanyakan smartphone memungkinkan Anda untuk dapat menyentuh layar agar bisa fokus pada subjek Anda. Alat ini luar biasa untuk meningkatkan kedalaman bidang gambar. Semakin dekat Anda ke subjek Anda, semakin dalam kedalaman yang Anda dapat ketika menggunakan fokus.

4. Pencahayaan adalah kunci

Memotret di pagi atau sore hari sangat bagus karena cahayanya lebih lembut. Selain itu, waktu ini memungkinkan Anda menciptakan siluet.

5. Bermain dengan unsur alam

Awan, gunung, dan sinar matahari adalah unsur alam yang biasanya akan sangat indah dalam gambar. Dan hujan sama sekali bukan musuh Anda. Nanti, kalau hujan mau turun saat Anda traveling, keluarlah dan berjalan-jalan sambil memotret sekeliling Anda.

6. Waktu adalah segalanya

Waktu sangat dibutuhkan ketika Anda memotret peristiwa alam, seperti sunset atau sunrise misalnya. Mendung juga bisa membuat foto lebih indah. Ketika matahari sedang panas-panasnya, Anda sebaiknya menghabiskan waktu dengan kegiatan indoor.

7. Bermain dengan garis, kurva dan perspektif

Garis, kurva, dan perspektif akan menghasilkan gambar yang luar biasa.

8. Hormati ‘rule of third’

‘Rule of third’ dipercaya akan membuat foto lebih keren. Di kamera Anda, misalnya iPhone, Anda bisa gunakan grid (garis-garis) untuk menemukan sudut pandang yang tepat.

9. Tunjukkan skala

Ketika memotret, masukkan sesuatu dalam jepretan Anda, untuk menunjukkan skala dari apa yang Anda potret, sehingga terlihat kedalaman seperti yang Anda inginkan. Misalnya, Anda bisa memotret tangan Anda yang memegang monumen tertentu di suatu negara.

10. Bersihkan lensa Anda

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan lensa. Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa ponsel kita selalu di atas meja atau di saku, sehingga banyak debu atau kotoran yang terkumpul. Pembersihan lensa memastikan kejelasan dan ketajaman foto Anda.

 

Sumber: www.travelandleisure.com

Tags : fotografifotografi travelinginstagrammedia sosialpanduan wisata