close
tanda persalinan sudah dekat

Sebagai wanita yang baru hamil, tentu Anda bertanya-tanya bagaimana tanda seorang ibu akan melahirkan. Tanda-tanda akan melahirkan ini bisa berbeda-beda antara satu wanita dengan lainnya. Yang Anda tanyakan bisa meliputi: bagaimana rasanya, berapa lama, dan kapan.

Berikut ini adalah 10 tanda-tanda persalinan yang perlu Anda ketahui.

 

Tanda-Tanda Pra-Persalinan: 1 Sampai 4 Minggu Sebelum Persalinan

1. Bayi Anda “turun”

Beberapa minggu sebelum persalinan dimulai, bayi Anda akan mulai turun ke panggul Anda (untuk wanita yang baru pertama hamil, hal ini biasanya tidak terjadi sampai persalinan yang sesungguhnya). Bayi Anda masuk ke posisi keluarnya: kepala ke bawah dan rendah. Anda mungkin jadi lebih sering ke kamar mandi. Tapi kabar baiknya, Anda memiliki sedikit lebih banyak ruang bernafas karena bayi bergerak menjauh dari paru-paru Anda.

2. Serviks Anda melebar

Serviks akan mulai melebar dan menipis pada hari-hari atau minggu sebelum Anda melahirkan. Pada waktu check-up biasanya perawat akan mengukur pelebaran dan penipisan ini. Tapi proses ini berbeda pada masing-masing individu.

3. Anda merasakan lebih banyak kram dan nyeri punggung

Apalagi jika ini bukan kehamilan pertama Anda, rasa kram dan rasa sakit di pangkal paha dan punggung semakin terasa mendekati persalinan.

4. Sendi terasa lebih longgar

Sepanjang kehamilan Anda, hormon relaksin telah membuat semua ligamen Anda melembut dan melonggar. Sebelum persalinan, Anda mungkin menemukan sendi di seluruh tubuh Anda terasa lebih longgar.

5. Anda mengalami diare

Sama halnya otot dalam rahim yang menjadi rileks sebagai bentuk persiapan, begitu juga otot-otot lain dalam tubuh Anda, termasuk di rectum. Dan hal ini sangatlah normal, meskipun sedikit menjengkelkan.

6. Kenaikan berat badan Anda berhenti (atau mungkin malah turun)

Berat badan cenderung tetap pada akhir kehamilan. Beberapa ibu bahkan kehilangan beberapa kilogram berat tubuhnya. Hal ini normal dan tak akan mempengaruhi berat badan si bayi.

7. Anda merasa ekstra lelah … atau Anda memiliki dorongan untuk beristirahat

Beberapa ibu merasa sangat kelelahan. Ukuran perut yang semakin besar ditambah kandung kemih yang tertekan membuat banyak ibu tak bisa tidur di malam hari selama hari-hari dan minggu terakhir kehamilan. Tumpuk beberapa bantal dan tidurlah sepanjang hari jika bisa.

 

Tanda-Tanda Awal Persalinan: Beberapa Jam Sebelum Persalinan

8. Cairan vagina Anda berubah warna dan konsistensi

Pada hari-hari terakhir sebelum persalinan Anda akan melihat keputihan yang meningkat. Keputihan bisa dalam bentuk gumpalan (seperti lender di hidung Anda). Keputihan yang menebal ini menunjukkan bahwa persalinan telah dekat.

9. Anda merasa lebih kuat, kontraksi lebih sering

Kontraksi merupakan tanda awal persalinan aktif. Anda akan merasakan cubitan karena otot dalam rahim Anda mengencang dalam persiapan untuk melahirkan.

Berikut ini adalah cara untuk bisa mengetahui perbedaan antara kontraksi persalinan yang sesungguhnya dan yang palsu:

– Jika Anda aktif, kontraksi lebih kuat dan bukannya mengendur

– Jika Anda mengubah posisi, kontraksi tidak hilang

– Rasa sakit kontraksi dimulai di punggung bawah dan bergerak ke perut bagian bawah, dan mungkin kaki Anda

– Kontraski menunjukkan perkembangan: bisa lebih sering dan lebih menyakitkan dan kadang-kadang memiliki pola yang teratur

10. Air ketuban pecah

Jika di banyak film persalinan selalu ditandai dengan air ketuban yang pecah, pada kenyataannya itu hanya terjadi di kurang dari 15% kelahiran. Jadi sebaiknya hal ini tidak dihitung sebagai tanda kelahiran.

 

Sumber: www.whattoexpect.com

Tags : kehamilan & persalinanpersalinan