close
InfoKeuanganPerencanaan

10 Kesalahan Keuangan yang Tak Pernah Dilakukan Orang-Orang Kaya

hal yang tak dilakukan orang kaya

Anda mungkin pernah melakukan kesalahan keuangan di usia 20-an atau mungkin 30-an. Tapi, ada beberapa orang tertentu yang berhasil menghindari kesalahan keuangan dan menjadi kaya raya. Berikut ini adalah beberapa kesalahan keuangan yang tak pernah dilakukan oleh orang-orang kaya.

1. Tidak berinvestasi pada diri sendiri

Seringkali, orang tergantung pada bos mereka untuk membelikan mereka buku, mengirim mereka ke seminar, atau memberikan mereka pelatihan. Namun, Anda harus mengambil pendidikan dengan tangan Anda sendiri jika Anda ingin makmur. Berinvestasilah pada diri Anda sendiri.

2. Hiburan yang berlebihan

Banyak acara-acara hiburan, seperti grand opening suatu tempat, yang dipadati oleh anak-anak muda (usia 21-35), yang menyia-nyiakan waktu dan uang yang berharga. Kebanyakan orang menghabiskan 30-50 persen dari gaji mereka untuk hiburan, sementara mereka sebenarnya melarikan diri dari realitas kehidupan. Sebaliknya, orang-orang kaya menggunakan waktu dan uang untuk mendanai impian mereka.

3. Membeli dengan kredit

Banyak orang membeli benda yang tidak mampu mereka beli dengan uang yang tidak mereka miliki untuk mengesankan orang yang tidak mereka sukai. Hal inilah yang akan mengubur banyak orang dengan hutang yang pelan-pelan akan membuat mereka putus asa. Orang kaya menggunakan kartu kredit untuk hal-hal produktif.

4. Menyembunyikan sesuatu dari pasangan

Banyak pasangan menikah tidak membicarakan tentang uang, bahkan mungkin melakukan kecurangan finansial terhadap pasangannya. Namun, Anda tidak akan bisa kaya kecuali Anda membicarakan keuangan Anda dengan pasangan. Cinta di antara pasangan akan melipatgandakan uang Anda. Percayalah!

5. Menggadaikan rumah

Menggadaikan rumah Anda mengarah pembiayaan ulang, pembayaran tagihan, dan inflasi. Ketika Anda menggadaikan rumah, Anda cenderung membayar dua kali lipat harga aslinya.

6. Membangan pensiun secara tradisional

Jika Anda berencana uang, entah itu melalui tabungan pensiun, asuransi jiwa, atau apapun, untuk masa pensiun Anda, itu artinya Anda menabung kenikmatan untuk masa Anda tak lagi bisa menikmatinya. Yang benar adalah, bangunlah kekayaan Anda sedari muda.

7. Membeli barang murahan

Jika Anda membeli murah, Anda akan mendapatkan hasil yang sama murahnya. Alih-alih membeli yang murah, belilah yang terbaik yang tersedia. Orang kaya tahu bahwa membeli kemeja mahal yang bisa bertahan 4 tahun lebih baik daripada kemeja murah yang rusak setiap tahunnya.

8. Kurang menikmati hidup

Ketika orang bekerja, mereka ingin liburan. Tapi anehnya, ketika liburan, mereka memikirkan pekerjaan. Padahal, untuk menjadi kaya, Anda harus bisa mensyukuri apa yang Anda miliki, dan mengtahui cara menikmatinya sebaik mungkin. Anda akan selalu mendapatkan lebih dari apa yang Anda nikmati.

9. Tidak menabung

Kebanyakan orang menghabiskan uang untuk ini itu. Ketika mereka melihat ada uang di rekening, mereka langsung terpikir untuk belanja banyak hal. Orang kaya menyimpan setidaknya 10 persen dari apa yang mereka usahakan dan jarang mengambil pinjaman pribadi untuk diri mereka sendiri, bahkan jika mereka berpikir mereka membutuhkannya.

10. Bekerja untuk uang

Mayoritas orang di dunia ini bekerja untuk uang, tapi orang-orang kaya membiarkan uang bekerja untuk mereka. Mereka tahu bahwa uang mereka akan menjadi produk sampingan dari layanan yang mereka berikan ke pasar. Orang kaya juga mengakui fakta bahwa kekayaan materi mereka adalah jumlah total seluruh kontribusi mereka kepada masyarakat. Itu sebabnya mereka tidak pernah bekerja untuk uang.

 

Sumber: www.entrepreneur.com

Tags : kesalahan keuanganperencanaan