close
yang tak boleh dibeli online

Sekarang ini memang sedang marak-maraknya belanja online. Selain karena tidak usah keluar rumah dan tinggal klik sana klik sini, Anda juga membandingkan harga dengan lebih gampang. Akhirnya, orang lebih banyak yang memilih belanja secara online daripada belanja di toko fisik.

Namun, ada beberapa hal yang harusnya Anda beli secara langsung. Dan berikut ini adalah 10 hal yang sebaiknya tidak Anda beli secara online.

1. Hewan peliharaan

Saat ini kita bisa menjumpai banyak toko online yang menjual hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. Jika Anda membeli kucing jenis tertentu, apa yang sampai di depan rumah Anda bisa jadi tidak sesuai dengan apa yang ada di foto. Dan mungkin kucing itu tidak ‘jinak’ seperti yang diiklankan sang penjual. Membeli hewan peliharaan secara online, khususnya dari tempat yang jauh, juga berhadapan dengan risiko hewan tersebut sakit atau mati saat pengiriman.

2. Mobil

Ketika membeli sesuatu dengan jumlah dana yang besar, apakah tidak sebaiknya melihatnya secara langsung? Untuk mobil khususnya, bukan saja test-drive tidak tersedia ketika membeli secara online, tapi bagaimana Anda bisa melihat berapa orang yang bisa masuk ke dalam mobil tersebut. Untuk mobil bekas, bagaimana Anda bisa melihat segala cacat yang ada jika membeli secara online?

3. Cat

Membeli cat secara online membuat Anda tidak bisa mendapatkan cat seperti yang Anda inginkan karena cat memiliki banyak pilihan warna yang perbedaanya tipis. Dan upaya Anda membeli online untuk menghemat bisa saja berakhir sia-sia jika Anda malah harus membeli atau mengecat ulang karena warna tak sesuai.

4. Sepatu

Khususnya untuk membeli sepatu yang mahal, Anda tentu tak ingin sembrono dan membeli secara online. Untuk sepatu, Anda tentu harus mencoba apakah sepatu tersebut pas di kaki Anda. Anda perlu berjalan kesana kemari untuk memastikan sepatu itu nyaman di pakai. Hal ini tak akan bisa diketahui ketika membeli online.

5. Bahan makanan sehari-hari

Sekarang Anda bisa membeli apapun secara online, bahkan bahan makanan. Mungkin tak masalah jika Anda membeli makanan yang aneh dan tak bisa ditemukan di dekat rumah Anda. Tapi jika yang Anda beli adalah bahan-bahan seperti susu, gula, atau telur, mungkin ada yang salah dengan diri Anda. Anda perlu keluar rumah!

6. Obat resep

Banyak orang yang gemar membeli obat resep secara online demi menghemat uang transportasi dan menghindari macet. Biasanya harganya juga lebih murah daripada apotik. Namun, agar Anda bisa tahu asli atau palsunya dan disetujui atau tidaknya obat itu hanya dengan melihatnya secara langsung di toko fisik.

7. Alat elektronik yang rapuh

Alat elektronik yang rapuh seperti televisi layar datar juga tersedia secara online. Namun, membeli barang rapuh seperti online bisa sangat berisiko. Sebagai permulaan, barang itu harus diangkut dan Anda tak akan tahu apa yang terjadi di sepanjang perjalanan.

8. Kasur

Kasur adalah tempat Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda. Luangkan waktu untuk pergi ke toko fisik guna memeriksa tingkat keempukannya dan standar kenyamanannya.

9. Alat musik

Jika Anda termasuk hobi bermain musik, Anda tentu tahu bahwa untuk menemukan alat musik yang sesuai dengan tepat, Anda harus mencobanya terlebih dahulu. Biasanya harga alat musik juga mahal jadi pasti Anda tak mau sembrono dengan uang Anda.

10. Sepeda

Seperti halnya mobil dan alat musik, untuk menemukan sepeda yang tepat, Anda juga harus mencobanya secara langsung. Membeli secara online bisa membuat Anda salah beli sepeda.

 

Sumber: www.thefrisky.com, www.msn.com, www.brandlabs.us

Tags : belanja bijakinternetweb