close
nyeri punggung bawah

Nyeri punggung bawah kronis adalah masalah umum dari tulang belakang dan dapat mempengaruhi pekerjaan, keluarga, dan kegiatan rekreasi Anda. Meskipun tidak ada obat khusus untuk nyeri punggung bawah, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan sekarang.

1. Berhenti membungkuk

Salah satu penyebab paling umum dari nyeri punggung bawah adalah postur duduk yang salah. Ketegangan pada punggung saat duduk dalam posisi membungkuk dapat menyebabkan tekanan berlebihan pada sendi, otot dan cakram, sehingga menyebabkan rasa sakit. Belajarlah untuk duduk dengan postur tubuh yang benar dan jaga postur tersebut setiap saat untuk membantu penurunan atau menghilangkan nyeri punggung bawah Anda. Juga pastikan ruang kerja Anda sudah diatur dengan benar di rumah dan di tempat kerja.

2. Berhenti menghindari olahraga

Mungkin sangat menyakitkan awalnya, tapi olahraga adalah obat paling bermanfaat untuk nyeri punggung bawah. Olahraga membuat otot inti Anda tetap kuat, meningkatkan sirkulasi ke sendi dan cakram, dan memberikan Anda perasaan nyaman.

3. Berhenti mencari obat ajaib

Banyak iklan, khususnya di internet, mengenai alat-alat yang bisa menyembuhkan nyeri punggung bawah Anda dengan ajaib. Tapi, alat-alat ini belum terbukti memiliki manfaat bagi kesehatan Anda.

4. Berhenti fokus pada diagnosis tertentu

Hingga 85% dari nyeri punggung bawah dapat diklasifikasikan sebagai ‘non-spesifik’. Itu artinya bahwa asal rasa sakit Anda tidak dapat dilokalisasi pada satu struktur atau masalah tertentu. Walaupun tes diagnostik umum untuk nyeri punggung bawah dapat menunjukkan tulang, cakram dan sendi dengan sangat detail, tidak ada tes yang dapat memberitahu penyebab pasti dari rasa nyeri ini dengan akurasi 100%.

5. Berhenti mengangkat beban berat

Salah satu penyebab utama nyeri punggung bawah adalah sering mengangkat beban yang berat. Jika pekerjaan Anda mengharuskan Anda mengangkat barang-barang berat, minta bos Anda untuk menyediakan peralatan khusus atau rekan kerja yang bisa membantu meringankan pekerjaan Anda.

6. Berhenti menekuk tubuh ke depan secara berulang

Penekukan tubuh ke depan secara berulang juga merupakan penyebab utama nyeri punggung bawah. Membungkuk ke depan dapat meningkatkan tekanan pada cakram di punggung dan dapat menyebabkan nyeri otot. Batasi membungkuk ke depan, dan lakukan latihan punggung bawah yang fokus menekuk ke belakang untuk membantu mengimbangi membungkuk ke depan yang berulang.

7. Berhenti mendengarkan kisah seram orang lain

Anda mungkin mendengar kisah-kisah mengerikan dari orang-orang saat mengantri berobat ke dokter. Entah tentang operasi lah, atau injeksi lah. Kemungkinan besar sakit punggung masih bisa diatasi. Tentu saja, beberapa kondisi punggung serius memerlukan operasi, tapi sebisa mungkin hindari percakapan seperti ini.

8. Berhenti melakukan perawatan pasif

Perawatan pasif seperti panas atau es mungkin terasa nyaman, tapi efeknya biasanya hanya sementara. Kebanyakan penelitian menunjukkan bahwa latihan aktif dan koreksi postural merupakan obat yang efektif untuk nyeri punggung bawah. Kunjungan ke ahli terapi fisik dapat membantu menentukan latihan yang terbaik untuk kondisi spesifik Anda.

9. Berhenti merokok

Jika Anda merokok, Anda mungkin telah mendengar dari efek negatif merokok terhadap kesehatan. Beberapa studi menunjukkan bahwa merokok juga dapat meningkatkan kemungkinan nyeri punggung bawah.

10. Berhenti menunggu rasa nyeri hilang

Jika Anda sudah mengalami rasa sakit ini selama lebih dari satu atau dua minggu, segera kunjungi dokter atau ahli terapi fisik. Semakin cepat Anda memulai perawatan, semakin cepat pemulihannya.

 

Sumber: physicaltherapy.about.com

Tags : punggungtulangtulang belakang