close
mengatasi laptop lemot

Ketika Anda pertama kali membeli laptop, sepertinya laptop selalu bisa menyelesaikan sebagian besar tugas Anda dengan sangat cepat. Jika laptop tersebut sudah berusia enam bulan atau lebih, laptop akan mulai lemot, dan rasanya sangat lambat bahkan untuk mengerjakan tugas-tugas kecil. Untungnya, Anda bisa mengembalikan kecepatan penuh laptop Anda dengan sangat mudah.

1. Uninstall program yang tidak perlu

Banyaknya program yang berjalan di latar belakang (atau dikenal sebagai “bloatware”) dapat memperlambat sistem Anda. Untuk melihat daftar program yang diinstal pada Windows Vista atau Windows 7, klik pada menu start. Di bar pencarian, ketik “Add or Remove Programs” dan tekan enter. Daftar program akan muncul. Jika Anda pernah menginstal program, dan Anda tidak menggunakannya lagi, klik pada nama program kemudian klik “Uninstall”. Windows akan memandu Anda melalui proses uninstall.

2. Instal dan gunakan registry cleaner yang baik

Pastikan Anda menggunakan registry cleaner yang baik agar semua proses berjalan sesuai yang diinginkan.

3. Periksa laptop Anda dari spyware

Ini adalah jenis perangkat lunak yang berjalan di latar belakang dan memonitor penggunaan Anda, kemudian mengirimkan informasi ke perusahaan tanpa persetujuan Anda.

4. Instal anti-virus

Perangkat lunak anti-virus akan mencegah program berbahaya menyerang komputer Anda. Program berbahaya tersebut akan memperlambat laptop Anda lebih dari program anti-virus yang Anda gunakan.

5. Singkirkan file-file besar dari desktop

Jika Anda suka men-download banyak hal dari internet, kemungkinan hasil download-an Anda akan tetap tersimpan di desktop. Jika desktop Anda terlihat berantakan, pindahkan file yang tidak penting ke dalam folder terpisah. Jadi setiap kali dihidupkan, laptop tidak perlu melacak file-file tersebut.

6. Nonaktifkan Windows Aero

Aero membuat tepi jendela menjadi cantik (semi-transparan) sehingga laptop Anda tampak “lebih halus”. Namun, Aero bisa memperlambat kinerja laptop Anda. Untuk menonaktifkan Aero, klik kanan di manapun pada desktop Anda dan pilih “Personalize” dari menu drop-down. Pada daftar tema yang muncul, gulir ke bawah dan pilih “Windows Classic”.

7. Upgrade memori Anda

Jika Anda ingin performa laptop yang baik tanpa mengorbankan program Anda, Anda mungkin bisa mempertimbangkan upgrade memori. Proses ini biasanya menghabiskan dana beberapa ratus ribu rupiah. Upgrade memori adalah salah satu cara paling efektif untuk memperbaiki kinerja laptop.

8. Gunakan ukuran file paging

Jika Anda tidak punya cukup uang untuk meng-upgrade RAM Anda, metode ini adalah cara yang paling efektif. Metode ini akan memperbaiki kinerja laptop Anda, dan membutuhkan setidaknya 1GB dari Hard Disk Anda.

 

Sumber: www.wikihow.com

Tags : gadgetlaptop