close
tagihan kartu kredit

Anda ingin mengendalikan kehidupan keuangan Anda? Jika ya, segera lunasi tagihan kartu kredit Anda.
Saldo yang tinggi dan beban keuangan yang tinggi dapat akan menguras dompet Anda dan membatasi pilihan keuangan Anda. Dan jika Anda membiarkan hal ini berlarut-larut, Anda tak akan dapat mencapai tujuan dan impian penting lainnya, seperti membeli rumah misalnya.

Cara terpenting dalam membayar tagihan kartu kredit adalah terorganisir. Kumpulkan semua informasi kartu kredit Anda. Catat saldo, tingkat suku bunga, tanggal jatuh tempo, dan pembayaran minimum untuk setiap kartu dan lihat seberapa buruk kondisi Anda.

Setelah itu, Anda bisa mulai membayar berdasarkan strategi seperti di bawah ini.

Strategi untuk Membayar Tagihan Kartu Kredit

1. Bayar Tagihan Kartu Kredit yang Memiliki Tingkat Persentase Tahunan (APR ) Tertinggi

Dengan strategi ini, Anda harus meningkatkan pembayaran Anda untuk kartu kredit dengan tingkat persentase tahunan tertinggi sambil terus melakukan pembayaran minimum pada kartu kredit Anda lainnya. Setelah Anda melunasi saldo pada kartu dengan tingkat bunga tertinggi, Anda bisa beralih ke kartu dengan tingkat bunga tertinggi kedua, dan seterusnya.

Melakukan pembayaran dua kali atau tiga kali dari tagihan minimum pada kartu dengan tingkat bunga tertinggi adalah cara yang baik untuk memulai strategi ini. Lakukan segala peningkatan pembayaran yang mampu Anda lakukan. Konsistenlah sampai tagihan tersebut lunas.

Tetaplah berada pada jumlah pembayaran yang tinggi ini meskipun kian hari jumlah saldo dan pembayaran minimum Anda kian menurun. Ingat, tujuannya adalah membuat saldo Anda menjadi nol. Jika Anda mengurangi nominal pembayaran, proses ini akan melambat sebelum berhasil.

2. Bayar Tagihan Kartu Kredit yang Memiliki Saldo Terendah

Strategi ini baik untuk membangun momentum. Dengan strategi ini, Anda harus meningkatkan pembayaran pada kartu kredit dengan saldo terendah, sambil terus melakukan pembayaran minimum pada kartu kredit Anda lainnya. Setelah Anda melunasi kartu dengan saldo terendah, Anda bisa beralih ke kartu dengan saldo terendah berikutnya, dan seterusnya.

Akan lebih mudah membayar tagihan 5.000.000 untuk menjadi nol daripada tagihan 10.000.000. Dan rasanya menyenangkan jika bisa membayar tagihan dengan penuh, tak peduli seberapa besar tagihannya. Dengan melunasi tagihan dengan saldo terendah, akan semakin sedikit pembayaran minimum yang harus Anda bayarkan tiap bulannya. Dengan melunasi saldo-saldo kecil terlebih dahulu, Anda kemudian akan bisa fokus pada saldo yang besar.

3. Konsolidasikan Utang Anda ke Kartu Kredit Tunggal

Dengan mengkonsolidasikan utang kartu kredit Anda ke kartu tunggal atau pinjaman konsolidasi utang, Anda hanya akan memiliki pembayaran tunggal setiap bulannya, dan bukan empat atau lima. Ya, Anda hanya akan melakukan satu kali pembayaran tiap bulan. Anda bahkan dapat mengotomatisasi pembayaran sehingga Anda tidak perlu khawatir telat melakukan pembayaran. Tapi pastikan bahwa nominal pembayaran Anda di atas pembayaran minimum bulanan jadi Anda bisa segera merasakan progres pelunasan utang ini.

Strategi pembayaran ini membuat proses pembayaran keseluruhan lebih mudah, tetapi juga mudah terjadi pergeseran. Jadi pilihlah jumlah pembayaran sekitar dua atau tiga kali pembayaran minimum Anda (atau berapapun yang Anda mampu), dan pastikan untuk tetap konsisten dengan pembayaran itu.

 

Sumber: www.credit.com

Tags : belanja bijakkartu kreditkreditperbankan