close
mengatasi android lemot

Saat baru membeli Smartphone Android baru, Anda mungkin akan menjadi sangat bersemangat untuk mengeksplorasi semua fitur-fiturnya. Tapi, setelah sebulan digunakan, telepon menjadi lambat. Anda akhirnya merasa sebal dan ingin membuangnya. Kadang-kadang, Anda tidak menyadari bahwa apa yang terjadi pada ponsel Anda adalah karena kesalahan Anda sendiri. Ketika Anda terlalu bersemangat mengeksplorasi ponsel baru tersebut, Anda mungkin tanpa sengaja telah mengubah beberapa pengaturan penting. Ada juga kasus ketika Anda sembarangan mendownload beberapa file dan aplikasi yang berbahaya dari berbagai situs yang dapat mempengaruhi kinerja ponsel Anda. Anda akan merasa pusing karena tidak tahu bagaimana mengembalikan ponsel ke performa normal. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang efektif untuk mempercepat kinerja ponsel Android Anda yang lemot.

1. Pastikan Firmware Smartphone Android Anda Selalu Update

Untuk mempercepat kinerja ponsel Android, Anda perlu menginstal update firmware baru untuk ponsel Android Anda secara teratur. Meng-install update baru akan membantu memperbaiki bug dan beberapa masalah yang membuat ponsel Anda lemot. Dengan demikian, kinerja ponsel Anda akan kembali normal.

2. Reset Smartphone Android Anda ke Pengaturan Awal

Cek pengaturan ponsel Android Anda. Tekan Backup dan Reset. Bila Anda mengatur ulang (me-reset) telepon Anda, pastikan bahwa Anda telah menyimpan file penting Anda dengan aman. Mengatur ulang telepon Anda ke pengaturan awal (pabrik) akan menghapus segala sesuatu yang telah Anda ubah pada ponsel Anda yang mencakup pengaturan dan aplikasi yang diinstal.

3. Periksa penggunaan memori ponsel Anda

Kadang-kadang, ponsel Anda lemot karena Anda kehabisan memori. Pindahkan file Anda dari memori telepon ke memori eksternal (Micro SD card).

4. Download dan install beberapa aplikasi yang berguna

Ada beberapa aplikasi yang tersedia untuk di-download, yang sangat membantu untuk mempercepat ponsel Android Anda yang lemot, seperti antivirus, auto task killer, cache cleaner, startup manager dan masih banyak lagi. Aplikasi-aplikasi tersebut sangat berguna untuk menjaga kinerja ponsel Anda.

5. Uninstall aplikasi yang sudah lama dan tidak berguna

Dengan menghapus aplikasi yang sudah tidak berguna, kinerja ponsel Anda akan membaik sebesar 30%. Anda harus uninstall aplikasi lama dan tidak berguna untuk memaksimalkan ruang memori ponsel Anda. Semakin sedikit memori yang terpakai di ponsel Anda, semakin baik kinerja ponsel Anda. Trik lain yang bisa diterapkan untuk beberapa smartphone seperti Samsung Galaxy S3, Samsung Galaxy S4, Samsung Galaxy S2, Nexus, HTC, dan ponsel Android canggih lainnya adalah dengan mematikan semua aplikasi latar (background applications) yang sedang berjalan. Caranya adalah dengan memencet tombol home selama 4 detik.

6. Reboot ponsel Android Anda agar perubahan yang Anda lakukan bisa lebih maksimal

Reboot mungkin perlu dilakukan agar Android kembali maksimal.

7. Root ponsel Android Anda

Rooting Android bisa Anda lakukan sendiri. Namun, ini bisa berisiko. Lebih baik gunakan jasa mereka yang sudah ahli di bidangnya.

 

Sumber: www.technobezz.com

Tags : androidaplikasimobile