close
reset android

Jika Anda merasa ponsel Android Anda semakin lemot, misalnya ketika Anda harus menghabiskan waktu 10 menit hanya untuk memulai sebuah aplikasi, mungkin sudah saatnya untuk Anda melakukan reset pabrik (factory reset) yang akan menghapus semua data ponsel Anda dan mengembalikannya ke pengaturan yang asli dari pabrik.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mereset ponsel Android Anda:

Cara Mereset Android dari Menu Settings

1. Buka menu settings perangkat Anda

Setting dari masing-masing perangkat bisa memiliki ikon yang berbeda-beda, dan mungkin bisa ditemukan di App Tray atau dengan menekan tombol menu khusus telepon.

2. Cari pilihan Factory Reset

Tergantung pada perangkat Anda, fitur “Factory data reset” mungkin bisa ditemukan di salah satu dari dua bagian dalam aplikasi Settings.
– Pilih “Privacy” dan gulir ke bawah ke “Factory reset”
– Pilih “Backup and reset” dan gulir ke bawah ke “Factory reset”

3. Tekan “Reset device” untuk menghapus semua data dan mengembalikan pengaturan pabrik dari perangkat Anda

Akun-akun Anda akan ditampilkan di layar. Secara default, semua penyimpanan internal ponsel Anda akan dihapus. Jika Anda ingin menghapus semua data pada kartu SD ponsel Anda juga, periksa kotak di bagian bawah layar.

4. Konfirmasi proses dengan memilih “Erase everything”

Langkah ini akan menghapus semua data dan mengembalikan perangkat Anda ke pengaturan pabrik. Ponsel Anda akan menjadi segar seperti baru lagi.

Mereset Ponsel dalam Keadaan Off (Mati)

1. Matikan perangkat Anda

Sebelum memulai prosedur reset, Anda perlu benar-benar mematikan daya dari perangkat Anda. (Jika perangkat mengalami hang (frozen), Anda dapat menarik baterai keluar untuk mematikannya.)

2. Tekan dan tahan tombol recovery

Tombol bervariasi dari perangkat satu ke perangkat lainnya, sehingga Anda mungkin perlu untuk mencari petunjuk untuk telepon tertentu. Anda harus menekan dan menahan tombol selama beberapa detik. Beberapa kombinasi tombol yang lebih umum termasuk:

Volume Up + Home + Power
Volume Turun + Power
Home + Power

Jika tidak ada satupun kombinasi tombol di atas bisa bekerja, lakukan pencarian di web mengenai “recovery mode” khusus untuk jenis ponsel Anda.

3. Pilih Factory Reset

Setelah menu recovery terbuka, Anda dapat menavigasi menu dengan tombol volume. Anda mungkin perlu membuka menu Recovery untuk menemukan mode Factory Reset. Gunakan tombol Power (beberapa perangkat menggunakan tombol kamera) untuk memilih pilihan menu Anda.

Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi factory reset.

4. Tunggu proses restorasi selesai

Setelah di-reset, telepon Anda akan diatur kembali ke default pabrik dan akan menjadi seperti pertama kali Anda membukanya dari kotak.

 

Sumber: www.wikihow.com

Tags : androidaplikasimobile