close
kanker otak

Kanker otak adalah penyakit otak di mana sel-sel kanker (ganas) muncul dalam jaringan otak. Sel-sel kanker tumbuh membentuk suatu massa jaringan kanker (tumor) yang mengganggu fungsi otak seperti kontrol otot, sensasi, memori, dan fungsi-fungsi tubuh normal lainnya. Tumor yang terdiri dari sel-sel kanker disebut tumor ganas, dan tumor yang terdiri dari sel-sel non-kanker disebut tumor jinak. Sel-sel kanker yang berkembang dari jaringan otak disebut tumor otak primer sementara tumor yang menyebar dari bagian tubuh lain menuju otak yang disebut metastasis atau tumor otak sekunder. Statistik menunjukkan bahwa kanker otak jarang terjadi dan kemungkinan akan berkembang pada sekitar 23.000 orang baru per tahun dengan sekitar 13.000 kematian seperti yang diperkirakan oleh National Cancer Institute (NCI) dan American Cancer Society.

 

Jenis-Jenis Kanker Otak

Tidak semua kanker otak sama, bahkan jika kanker tersebut berasal dari jenis jaringan otak yang sama. Kanker otak dibagi menjadi beberapa grade, tergantung dari seperti apa sel-sel dalam tumor terlihat secara mikroskopis. Grade ini juga memberikan informasi mengenai tingkat pertumbuhan sel. NCI menjabarkannya dalam daftar berikut:

Grade I

Jaringannya jinak. Sel-selnya terlihat hampir seperti sel-sel otak yang normal, dan sel-sel tersebut tumbuh perlahan-lahan.

Grade II

Jaringannya ganas. Sel-sel terlihat tidak terlalu mirip seperti sel-sel normal jika dibandingkan di sel-sel di grade I.

Grade III

Jaringan ganasnya memiliki sel-sel yang terlihat sangat berbeda dari sel yang normal. Sel-sel yang abnormal secara aktif tumbuh dan memiliki penampilan yang jelas tidak normal (anaplastik).

Grade IV

Jaringan ganasnya memiliki sel-sel yang terlihat paling tidak normal dan cenderung tumbuh dengan cepat.

 

Tumor otak primer paling umum dinamai berdasarkan jenis jaringan otak tempat t7mbuhnya tumor tersebut, yaitu tumor glioma, meningioma, adenoma hipofisis, schwannomas vestibular, dan neuroectodermal primitif (medulloblastomas). Glioma memiliki beberapa subtipe yang meliputi astrocytomas, oligodendrogliomas, ependymomas, dan papiloma pleksus koroid. Ketika grade disatukan dengan nama tumor-tumor tersebut, dokter akan mendapatkan pemahaman lebih mengenai keparahan kanker otak. Misalnya, Grade III (anaplastik) glioma adalah tumor agresif, sementara neuroma akustik adalah tumor jinak grade I. Namun, bahkan tumor jinak pun dapat menyebabkan masalah serius jika mereka tumbuh cukup besar sehingga menyebabkan peningkatan tekanan intrakranial atau menghalangi struktur pembuluh darah atau aliran cairan serebrospinal.

Kanker otak dibagi menjadi beberapa stadium sesuai dengan jenis sel dan kelasnya karena sel kanker tersebut jarang menyebar ke organ lain, sementara kanker lainnya, seperti kanker payudara atau kanker paru-paru, didasarkan pada stadium menurut lokasi dan penyebaran sel-sel kanker. Secara umum, stadium kanker ini berkisar dari 0 sampai 4, dengan stadium 4 menunjukkan kanker telah menyebar ke organ lain (stadium tertinggi).

 

Sumber: www.medicinenet.com

Tags : kankerkanker otakotak