close
rumah tangga harmonis

Banyak orang mengeluhkan bahwa keluarga mereka tidak harmonis. Padahal untuk bisa membentuk suatu rumah tangga yang harmonis dan bahagia, semua bisa dipelajari. Asalkan kita mau menyingkirkan semua ego dan berusaha untuk mengerti pasangan, pasti kita bisa.

Berikut ini adalah tips agar rumah tangga harmonis yang sangat mudah untuk diterapkan di dalam keluarga Anda.

1. Menyapa pasangan Anda dengan penuh kasih di pagi hari

Cara ini merupakan cara paling sederhana untuk membina rumah tangga harmonis. Ketika Anda pertama kali melihat pasangan Anda, alih-alih memberikan interaksi negatif atau netral, cobalah untuk menyambut mereka dengan pernyataan positif. Anda bisa saja mengatakan “Aku bahagia bisa bangun di sampingmu” atau “Aku bahagia bisa menikah denganmu”. Kuncinya untuk selalu positif dan penuh kasih.

2. Mengirim SMS

Mengirim SMS (atau pesan sejenisnya, seperti email, bbm, whatsapp, line, dll) kepada pasangan bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga keharmonisan rumah tangga. Anda bisa memanfaatkan teknologi modern ini untuk tetap terhubung dengan pasangan Anda. Anda bisa mengirimkan pesan yang lucu, genit, atau manis. Tuliskan kata-kata seperti “Aku merindukanmu” atau “Aku tak sabar menunggu untuk melihatmu nanti malam”.

3. Peluk pasangan setelah lama tak jumpa

Ada beberapa pasangan yang saling bertemu setelah sekian lama berpisah (untuk tugas kerja, misalnya) dan sama sekali tidak saling mempedulikan. Ada yang langsung membuka email sambil mengkritik “mengapa kamu tidak membelikanku ini itu?” Alih-alih melakukan hal tersebut, Anda bisa memeluk pasangan Anda selama sekitar 20 detik. Ini akan mempererat ikatan di antara pasangan.

4. Sentuh pasangan saat waktu makan

Ketika Anda makan malam bersama, sentuhlah pasangan Anda. Anda boleh menyentuh tangan atau lengannya, atau menyentuhkan kaki Anda ke kakinya. Hal sederhana ini bisa menjadi salah satu resep rumah tangga harmonis.

5. Puji pasangan Anda

Banyak pernikahan yang akhirnya menjadi tidak bahagia karena minimnya apresiasi. Sangat disarankan bagi Anda untuk mengucapkan terima kasih kepada masing-masing pasangan. “Terima kasih karena sudah membantu mengangkat jemuran”, misalnya. Tidak hanya akan merasa dihargai, pasangan Anda juga akan terlatih untuk menjadi lebih baik. Ketika Anda kencan, jangan lupa untuk memuji penampilan pasangan Anda.

6. Rasakan napas masing-masing

Cara aneh ini tanpa Anda sadari justru merupakan salah satu cara paling manjur dari keseluruhan tips membangun keluarga harmonis ini. Letakkan tangan Anda di dada atau perut pasangan Anda dan rasakan nafasnya. Sinkronkan nafas Anda dan pasangan selama satu menit. Anda juga bisa melihat ke dalam mata pasangan Anda. Lakukanlah dan Anda akan lihat dampak positifnya terhadap hubungan Anda.

Jika Anda belum menikah dan masih dalam masa PDKT, mungkin Anda perlu membaca artikel ini.

 

Sumber: psychcentral.com

Tags : pernikahan