close
dampak negatif hutang

Untuk setiap orang, utang itu layaknya penyakit yang terus datang dan tak mau hilang. Seperti halnya penyakit, utang dapat menyebabkan banyak penderitaan dan rasa sakit pada mereka yang memiliki kesulitan membayar tagihan. Banyak masalah yang bisa muncul karena utang, baik fisik maupun mental. Berikut ini adalah beberapa efek negatif dari utang yang wajib Anda waspadai.

1. Kebangkrutan

Meskipun disayangkan, banyak orang harus mengajukan kebangkrutan dan mencari perlindungan di bawah hukum. Kebangkrutan ini bisa diawali dari utang yang tak dibayar atau kredit macet, yang kemudian menumpuk dan menumpuk yang berimbas pada pengajuan bangkrut. Memang ini bisa menyelamatkan Anda di satu sisi, tapi di sisi lain akan susah untuk memulai dari awal lagi mengingat imej Anda sudah tercoreng.

2. Pengusiran

Seseorang dalam utang mungkin menghadapi pengusiran dari rumah mereka karena mereka tidak mampu untuk membayar sewa tepat waktu setiap bulan. Penyewa yang tidak membayar sewa setiap bulan mungkin akan terusir dari properti mereka sendiri.

3. Pemotongan upah

Untuk menambah kekurangan uang yang tersedia setiap bulan, kreditur bisa menuntut Anda dan melakukan pemotongan upah Anda. Pada saat Anda berhutang pada kreditur, sesuai dengan perjanjian, kemungkinan setiap bulan gaji atau upah Anda akan dimasukkan langsung ke rekening kreditur untuk membayar cicilan yang belum terlunasi.

4. Penyitaan

Sama seperti jika Anda memiliki kesulitan membayar sewa, jika Anda memiliki kesulitan membayar hipotek, penyitaan akan sangat mungkin terjadi. Masalahnya dengan hal ini adalah bahwa Anda akan kehilangan rumah Anda. Hal ini sangat sering terjadi pada mereka yang memiliki utang yang sangat banyak dan menumpuk.

5. Masalah emosional

Bahkan orang paling bahagia pun bisa merasakan tekanan mental dan rasa malu ketika memiliki banyak utang. Tekanannya sangat banyak dan terus menerus, dimulai dengan surat dan panggilan telepon dari kreditur setiap jam pada siang dan malam hari, hingga kehilangan harta benda seperti rumah atau mobil guna menutup cicilan utang tersebut.

6. Kecenderungan bunuh diri

Ini adalah fakta yang sangat menyedihkan bahwa kadang-kadang mereka yang menderita utang intens melakukan bunuh diri karena utang telah menyebabkan begitu banyak masalah dalam hidup mereka. Ketidakmampuan mereka untuk membayar utang inilah yang mendorong mereka untuk berpikir bunuh diri adalah satu-satunya jalan keluar.

Melihat begitu banyaknya dampak negatif dari utang, Anda harus berpikir dua, tiga, empat kali sebelum berpikir untuk berhutang, apalagi dalam jumlah besar. Anda juga bisa mencoba untuk diet utang dengan menerapkan Debt Diet ala Oprah WinfreyDebt Diet ala Oprah Winfrey.

 

Sumber: www.streetdirectory.com

Tags : hutangperencanaan