close
profil linkedin

Anda mungkin pernah mendengar tentang LinkedIn? Atau Anda adalah salah satu penggunanya? Jika Anda berencana untuk memiliki karir yang sukses, ada baiknya Anda memiliki akun LinkedIn. LinkedIn merupakan salah satu alat yang digunakan pemilik pekerjaan untuk menemukan pencari pekerjaan yang tepat. Dan jika Anda sudah bergabung, ada baiknya Anda memperbaiki profil Anda agar terlihat lebih menarik dan profesional.
Berikut ini adalah tips untuk memaksimalkan profil LinkedIn Anda.

1. Pilihlah foto yang tepat

LinkedIn adalah jaringan yang berfokus pada profesional. Seperti jaringan sosial lain, Anda akan memerlukan gambar profil untuk bisa menjadi populer. Menurut LinkedIn, menambahkan foto profil bisa menghasilkan 14 kali lebih banyak view. Usahakan foto Anda profesional, walaupun tak harus mengenakan setelah jas atau baju formal. Dan please, jangan upload foto selfie.

2. Pamerkan ketrampilan Anda

Pastikan untuk menambah keterampilan Anda ke profil Anda karena hal ini sangat penting. Pertama, Anda akan menerima dukungan (endorsement), yang menujukkan ketrampilan Anda ke publik. Endorsement adalah pengakuan satu-klik dari jaringan Anda yang menunjukkan bahwa Anda diakui untuk keterampilan tertentu.

Dan kedua, menerima dukungan ini mengoptimalkan profil Anda untuk kata kunci tertentu. Artinya jika seseorang mencari orang dengan keterampilan tertentu, Anda akan lebih mudah ditemukan.

3. Buatlah URL yang menarik

Ketika Anda pertama kali membuat profil LinkedIn, Anda secara default diberikan URL yang terlihat seperti sekumpulan karakter yang panjang. Anda bisa menggantinya dengan nama Anda atau apapun yang menurut Anda menarik.

4. Tampilkan proyek Anda

Jangan takut untuk memamerkan karya Anda. Anda bisa menggunakan seksi Projects (awalnya dibuat untuk siswa untuk berbagi proyek yang mereka selesaikan di universitas) untuk menyorot produk, jasa atau proyek lainnya. Fitur ini sangat penting untuk memamerkan karya Anda. Anda juga bisa memperlihatkan keahlian Anda dalam posisi saat ini atau sebelumnya dengan menunjukkan bukti.

5. Carilah rekomendasi

Rekomendasi selalu penting dalam mencari pekerjaan atau dalam penjualan, dan itu tidak berbeda di sini. Di LinkedIn, rekomendasi ditulis untuk peran tertentu, yang muncul di bawah setiap posisi yang dimaksudkan. Perlu diingat bahwa rekomendasi sangat berbeda dengan endorsement dan biasanya akan lebih diperhitungkan. Pastikan untuk hanya mengambil rekomendasi dari rekan-rekan yang kredibel, karena rekomendasi akan mencakup foto thumbnail dan link ke profil mereka.

6. Isilah ringkasan dengan serius

Kebanyakan orang tak mau repot menulis ringkasan (summary) pada profil LinkedIn mereka. Padahal, di sinilah Anda bisa bercerita tentang diri Anda. Pada banyak kesempatan, pengalaman, keterampilan dan rekomendasi saja tidak selalu bisa memberikan gambaran yang akurat tentang kemampuan Anda. Ringkasan bisa dijadikan sebagai ajang promosi diri.

 

Sumber: www.askmen.com

Tags : karirlinkedinmedia sosial