close
rasa sakit saat melahirkan

Melahirkan adalah proses yang berat dan salah satu bagiannya adalah mengalami rasa sakit. Tapi jangan panik. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa sakit tersebut, baik dengan atau tanpa obat. Caranya adalah dengan membawa banyak hal dalam tas Anda karena Anda tak tahu apa yang bisa bekerja untuk mengatasi rasa sakit Anda. Untuk itulah, sangat disarankan bagi Anda untuk berpikiran terbuka dan melakukan penelitian Anda. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa sakit saat melahirkan tanpa menggunakan obat.

1. Relaksasi

Hal terpenting yang harus Anda relaksasikan adalah pikiran Anda. Idenya sederhana: ketika Anda takut sakit, Anda menjadi tegang, yang akan membuat rasa sakitnya semakin parah, yang akan membuat Anda semakin tegang. Seorang perempuan yang baru saja melahirkan mengatakan dia menikmati setiap waktu antar kontraksi. Dia mencoba untuk fokus pada saat ini dan tidak memikirkan tentang rasa sakitnya. Hasilnya, dia merasa seperti sedang menggunakan obat penenang.

2. Bernafas

Untuk tetap rileks, sangatlah penting bagi Anda untuk memperhatikan pernapasan Anda, dengan cara yang sama seperti yang Anda lakukan ketika Anda mengangkat beban. Ambil nafas lalu hembuskan. Lakukan hal ini dengan fokus dan Anda akan mendapatkan ketenangan.

3. Bergerak

Berjalan, bergoyang, mengubah posisi, dan berputar-putar di bola melahirkan (birthing ball) tidak hanya dapat meringankan rasa sakit tetapi dapat membantu kemajuan persalinan dengan memanfaatkan gaya gravitasi untuk keuntungan Anda serta mendorong gerakan dan rotasi bayi turun melalui kanal panggul. Ketika berada di rumah sakit dengan segala peralatan dan pengobatannya, gerakan Anda mungkin akan terbatasi. Namun, Anda bisa mencoba berbagai posisi, seperti tangan dan lutut di tempat tidur atau berdiri, jongkok, atau juga duduk di samping tempat tidur.

4. Terapi Air

Air hangat sangat manjur untuk menghilangkan nyeri persalinan. Beberapa pusat persalinan menyediakan terapi air ini yang menurut kebanyakan ibu rasanya menyenangkan dan menenangkan. Anda akan merasa seperti baru menjalani spa.

Juga, jangan meremehkan kekuatan dari shower—aliran air panas tidak hanya membuat Anda santai tapi akan memijat Anda juga. Namun, dokter biasanya melarang Anda melakukan ini di awal persalinan karena takut akan memperlambat proses.

5. Pijat

Pijat seringkali diremehkan dalam hal pengurangan rasa sakit pada proses melahirkan tapi cobalah minta pasangan Anda memijat Anda pada saat persalinan. Walaupun pijatan itu tidak mengurangi rasa sakit, dengan adanya pasangan yang menggosok kaki dan memijat tangan Anda, perhatian Anda bisa teralih, dan Anda bisa menjadi rileks karenanya. Dan secara umum, hal ini membuat Anda merasa diperhatikan, yang merupakan sebuah dorongan moral yang besar.

 

Sumber: www.parents.com

Tags : melahirkanpersalinanrasa sakit saat melahirkan