close
cara menawar

Ketika berbelanja, menawar untuk harga terbaik bisa jadi sangat sulit dilakukan. Hal ini memang perlu strategi. Berikut ini adalah beberapa cara menawar yang ampuh agar Anda bisa mendapatkan harga terbaik yang sesuai dengan keinginan Anda.

1. Bawa uang tunai

Meskipun kita hidup dalam masyarakat yang terbiasa menggunakan kartu debit atau kartu kredit, ketika sedang melakukan tawar menawar, tidak ada yang lebih ampuh daripada membawa uang tunai (dengan jumlah yang tak terlalu banyak). Jadi, pastikan Anda mampir ATM sebelum Anda sampai ke pasar loak atau garage sale. Tidak setiap penjual menerima kartu kredit, tapi semua orang pasti mau menerima uang tunai.

Keuntungan tambahannya, dengan membawa uang tunai, Anda tidak akan menghabiskan lebih dari yang telah Anda anggarkan. Tanpa godaan kartu kredit, Anda hanya akan dapat menghabiskan uang yang ada di dompet.

2. Lakukan riset terlebih dahulu

Sebelum Anda mendatangi toko-toko tersebut, lakukan riset mengenai barang yang akan Anda beli. Kunjungi toko loak dan online, seperti eBay misalnya. Ketika Anda sudah mengerti mengenai harga kasarnya, akan lebih mudah bagi Anda untuk mendapatkan harga yang normal, atau bahkan lebih murah.

Pastikan Anda memeriksa item yang Anda beli. Periksa kondisinya, dan gunakan segala cacat yang ada sebagai keuntungan Anda. Jika Anda melihat ada cacat, Anda bisa meminta pengurangan harga.

3. Perhatikan waktu

Salah satu cara menawar yang baik adalah dengan memperhatikan waktu. Untuk membawa barang ke pasar atau bazar, pasti penjual dan vendor membutuhkan waktu. Dan mereka pasti menghindari membawa balik barang ke gudang atau rumah. Jadi jika waktu Anda tepat, Anda mungkin bisa mendapat harga yang oke ketika membeli sedikit barang di akhir hari. Benar, untuk mendapatkan pilihan terbaik Anda pasti ingin berbelanja lebih awal. Namun, jika harga yang murah adalah fokus Anda, sangat disarankan untuk membeli lebih akhir.

4. Cara penyampainnya harus diperhatikan

Kunci dari cara melakukan tawar menawar yang baik adalah pada cara penyampaian. Ketika suatu barang sudah dilabeli harga, memang hampir bisa dikatakan Anda tak diijinkan menawar. Tapi Anda masih bisa berusaha. Jangan tanya ‘ini harga berapa?’, tapi lebih baik ‘ini kena berapa?’ atau ‘ini pasnya berapa?’ Yang paling penting, Anda harus percaya diri. Ketika Anda tegas, mereka akan memperhatikan. Ketika Anda ragu, mereka akan tetap memberi Anda harga yang tertera.

5. Jangan menyakiti hati penjual

Anda memang ingin harga termurah. Namun, jika Anda menghina penjual dengan menawar terlalu rendah, itu bukan cara menawar yang benar. Maksimal, Anda bisa menawar 50% dari harga yang ditawarkan, apalagi jika itu dekat tempat wisata atau yang trafiknya tinggi. Jika tidak berani, mungkin Anda bisa mulai menawar dengan pengurangan 25%. Jika Anda tahu harga untuk barang yang Anda inginkan, tentu proses ini akan lebih mudah.

 

Sumber: www.myhomeideas.com

Tags : belanja bijakhidup hemat