close
Diet & NutrisiKesehatanTips

3 Cara Menghindari Makan Berlebihan di Sebuah Pesta

makanan di pesta

Apakah Anda termasuk suka makan dan sering makan berlebihan sementara sekarang ini berat badan Anda sudah mulai bertambah? Selain itu, makan berlebihan akan membuat perut Anda mengembang dan pasti badan Anda tak akan enak lagi untuk dilihat. Tapi, rupanya Anda masih harus menghadiri sebuah pesta di rumah teman yang kemungkinan besar akan banyak sekali pilihan makanan. Jangan khawatir! Ada tiga hal jitu yang bisa Anda lakukan untuk menghindarkan Anda dari makan berlebihan saat menghadiri sebuah pesta.

 

1. Makanlah Ketika Lapar dan Berhenti Makan Ketika Kenyang

Kadang di suatu pesta, Anda begitu saja memakan apa saja yang disajikan tanpa memperhatikan apakah Anda sedang lapar atau tidak. Jadi, sebaiknya Anda memastikan apakah Anda secara fisik merasa lapar sebelum mulai mengisi piring Anda.

Sambil menikmati berbagai macam makanan yang disajikan di pesta, terus perhatikan apakah Anda masih merasa lapar atau tidak. Kita sering makan berlebihan saat pesta, dan terus makan sampai kemudian kita sampai ke suatu titik jenuh. Faktanya adalah ketika tingkat rasa lapar Anda telah terpenuhi, kebutuhan tubuh Anda akan makanan juga telah terpenuhi dan Anda tidak perlu makan lagi.

 

2. Perhatikan Ukuran Porsi Makanan Anda

Mulailah dengan makanan dalam porsi kecil, alih-alih memenuhi piring Anda. Mungkin bisa dimulai dengan satu porsi salad. Perhatikan semua makanan terlebih dahulu, dan pilih yang paling menarik. Jika semuanya menarik, maka coba satu per satu dalam porsi sangat kecil. Jika hanya beberapa makanan saja yang menarik, maka pilihkan makanan tersebut dengan porsi yang tidak berlebihan.

Berbagi sepiring makanan dengan teman juga merupakan ide bagus untuk mengurangi porsi makanan yang Anda makan.

 

3. Tanyakan Pada Diri Anda Apakah Anda Menikmati Makanan Tersebut

Saran terakhir ini mungkin yang paling menantang dari dua saran sebelumnya, tapi saran satu ini sangat penting untuk menghindarkan Anda dari makan berlebihan. Jika Anda merasa ada beberapa makanan yang tidak enak, lebih baik jangan makan makanan tersebut.

Demikian pula, jika Anda menyadari bahwa tubuh Anda tidak lagi merasa lapar secara fisik, tetapi masih ada makanan di depan Anda, segeralah berhenti makan. Anda tidak harus membersihkan piring Anda kok.

Kabar baiknya, jika Anda merasa makanan yang Anda makan memang sangat enak, jangan memaksakan diri untuk makan makanan tersebut secara berlebihan. Anda bisa meminta sepiring untuk dibawa pulang, atau juga menanyakan resep pada tuan rumah. Mereka akan dengan senang hati membocorkan rahasianya pada tamu yang menghargai makanan mereka.

 

Sumber: www.sparkpeople.com

Tags : makanan