close
hal yang menghancurkan keuangan

Ada istilah “financial suicide”(bunuh diri secara finansial), yaitu ketika Anda melakukan hal-hal ceroboh yang bisa menghancurkan keuangan Anda. Berikut ini adalah 10 hal yang akan membahayakan keuangan Anda jika terus Anda lakukan.

1. Anda memutuskan untuk mempunyai anak ketika keuangan belum stabil

Sebenarnya memiliki anak memang kehendak Tuhan. Tapi lebih baik, Anda menstabilkan keuangan dulu jauh sebelum memiliki anak. Dengan keuangan yang baik, Anda bisa memberikan pendidikan, baju, kesehatan dan lain-lain dengan kualitas yang terbaik.

2. Anda bergantung secara finansial kepada orang lain

Keluarga dan teman memang selalu ada untuk membantu. Tapi bergantung dari derma orang lain bukanlah cara kita menjalani hidup. Akan ada suatu titik batas ketika ketidakmampuan finansial Anda ini membuat orang lain merasa jengah dan terganggu.

3. Anda mulai berhutang di perusahaan peminjaman

Meminjam di perusahaan peminjaman merupakan jalan mudah, memang. Tapi, cara kerjanya adalah Anda hanya akan meminjam lebih banyak. Lebih baik hutang dengan cara yang lain.

4. Anda bergantung pada kredit bank secara terus menerus

Ketidakbertagungjawaban finansial lainnya adalah secara konstan bergantung pada kredit bank. Banyak orang yang tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari jadi mereka memilih menggunakan kredit. Hal ini sangat membahayakan keuangan Anda.

5. Anda suka berjudi

Nah, ini adalah kebiasaan paling buruk yang bisa Anda lakukan. Selain dilarang agama dan pemerintah, kebiasaan ini bisa membuat Anda bangkrut. Berjudi bahkan bisa menjadi adiktif pada banyak orang.

6. Anda lalai terhadap peralatan kantor

Hal ini berlaku untuk pemilik bisnis. Memang sulit untuk menyeimbangkan prioritas Anda, tapi tetap saja, masa depan Anda dan kesejahteraan baik bisnis Anda tergantung pada kualitas layanan Anda. Selalu pastikan semuanya berfungsi dengan baik, atau usaha Anda bisa-bisa menurun karena kualitas yang tidak dijaga.

7. Memilih rumah mewah

Membeli rumah yang tidak sesuai dengan pendapatan Anda adalah salah satu bentuk bunuh diri paling nyata. Anda bisa memilih rumah sederhana yang bisa disesuaikan dengan uang Anda. (Jika Anda sudah menemukan rumah yang seusai, Anda bisa memikirkan tentang cara membayar DP-nya di sini).

8. Anda membelanjakan lebih dari yang Anda hasilkan

Hal ini berlaku khususnya bagi mereka yang baru bekerja. Pada awal bulan, mereka hidup sangat mewah. Lalu pada akhir bulan, mereka hidup seperti gelandangan.

9. Anda tidak merencanakan masa depan Anda

Apakah Anda mempersiapkan tabungan untuk hari tua atau menghabiskannya untuk foya-foya? Jika tidak merencanakan dari sekarang, masa depan Anda bisa hancur. Coba tanyakan pada diri sendiri: apa masa pensiun saya aman?

10. Anda malas

Jika Anda selesai dengan pekerjaan Anda dan Anda pulang dan merasa Anda tidak memiliki tanggung jawab lain, maka Anda bisa dikatakan malas. Padahal pada waktu itu Anda masih punya 5 jam waktu produktif. Malas bukan saja tidak melakukan apa-apa. Malas juga bisa berarti kurangnya ambisi untuk meningkatkan anggaran Anda.

 

Sumber: www.lifehack.org

Tags : kesalahan keuanganperencanaan